Ilmu Sosial dan
Budaya Dasar
Menjelaskan Pengertian Tentang Manusia
Sains, Teknologi, dan Seni
Ilmu
sains adalah ilmu yang dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya)
kebenarannyadan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu
berdasarkan kebenaran ataukenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani
tersebut boleh dipercayai, melaluieksperimen secara teori.
Pendidikan
sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sainsmerupakan satu proses
untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan(ilmu) dengan
memahami hakikat makhluk untuk menerangkan hukum-hukum alam.
Teknologimerupakan
sarana yang amat penting untuk kehidupan masyarakat di jaman yang modern ini
di berbagai bidang untuk mencapai tujuan-tujuan yang praktis yang
ditentukan.Teknologi berasal dari kata techne dan logika. Kata Yunani kuno
techne berarti senikerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos
yang berarti seseorang yangmemiliki keterampilan tertentu.
Teknologi
dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan,
dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Seni adalah
“Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya,
keindahannya, dansebagainya), seperti tari, lukis, ukir, dan lain-lain. Maka
konsep pendidikan yang memerlukanilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar
antara manusia dengan sesama secara beradab,dimana pihak kesatu secara terarah
membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian.
Sains,
teknologi dan seni yaitu semua ilmu, sarana dan alat yang berpengaruh besar
dalamkehidupan manusia guna mendukung kehidupan yang lebih baik dan jika semua
itu telah berjalandengan baik maka kehidupan akan makmur dan kesehatan
masyarakat juga lebih baik dantujuan-tujuan yang praktis akan tercapai.
Perkembangan teknologi dapat menunjang kemajuan-kemajuan kegiatan ilmiah.
A.
Sains,
Teknologi dan Seni
1. Sains
Menurut Medawar (1984) Sains (dari istilah
Science) berasal dari kata: sienz, cience, syence,scyence, scyense, scyens,
sciens, scians. Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang
berartiknowledge (ilmu). Tetapi, tidak semua ilmu itu boleh dianggap sains.
Yang dimaksud ilmu sains adalah ilmu yang
dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya) kebenarannya dandikembangkan
secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran
ataukenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh
dipercayai, melaluieksperimen secara teori.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains
adalah ilmu yang teratur (sistematik) yangdapat dibuktikan kebenarannya,
berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal: fisika,kimia,
biologi).Pendidikan sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sains
merupakan
satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) denganmemahami
hakikat makhluk untuk menerangkan hukum-hukum alam.
2. Konsep
Teknologi
Istilah teknologi berasal dari kata techne.
Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah
perkataan technikos yang berarti seseorang yang memiliki keterampilan tertentu.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan,
dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan
sesuatu.Tiga macam teknologi yang sering dikemukakan para ahli yaitu:
a. Teknologi
Modern
Jenis
teknologi modern ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-
Padat modal
-
Mekanis elektris
-
Menggunakan
bahan impor
-
Berdasarkan
penelitian mutakir, dan lain-lain.
b. Teknologi
Madya
Jenis
teknologi madya ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-
Padat karya
-
Dapat dikerjakan
oleh keterampilan setempat
-
Menggunakan alat
setempat
-
Berdasarkan alat
penelitianc.
c. Teknologi
Tradisional
Teknologi
ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-
Bersifat
padat karya (banyak menyerap tenaga kerja)
-
Menggunakan
keterampilan setempat
-
Menggunakan
bahan setempat
-
Berdasarkan
kebiasaan atau pengamatan
Secara lebih umum dapat
dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai
sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
3.
Seni
Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah
produk sosial. Sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, seni adalah
“Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya,
keindahannya, dan sebagainya), seperti tari, lukis, ukir, dan lain-lain.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan
ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadarantara manusia dengan sesama secara
beradab, dimana pihak kesatu secara terarah membimbing
perkembangan kemampuan dan kepribadian. Pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang.
Oleh karena itu budi bahasa pun adalah suatu seni.
B.
Makna Sains, Teknologi dan Seni Bagi
Manusia
1.
Perkembangan
Teknologi
Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam
dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru antara
lain: teknik modern, teknologi hutan, teknologi gedung (metalurgi),teknologi
transportasi dan lain-lain. Dengan mengunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan
baru tersebut, kita dapat memperolehhasil:
a.
Pengunaan
teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan
zat-zat radio aktif dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud damai.
b. Penggunaan
teknologi hutan seperti kita ketahui, hutan banyak mempunyai fungsi,
kertas,industri kayu lapis atau bahan bangunan berfungsi untuk penyimpanan air,
objek wisata dan lain-lain.
Contoh kemudahan yang didapatkan oleh
manusia dengan penerapan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi yaitu
:
a.
Dengan
teknik modern, dari teknik mengendalikan air sungai, petani mendapatkan
kemudahandalam memperoleh air.
b.
Dengan
teknik modern dapat dibuat bermacam-macam media pendidikan.
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi memungkinkan :
a.
Tersedianya
sarana dan prasarana menunjang kegiatan ilmiah.
b.
Meningkatkan
kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya.
2.
Iptek
dan Nilai
Dalam menghadapi iptek masyarakat
Indonesia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi.Teknologi mempunyai 2
komponen utama, yaitu:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar