Minggu, 13 November 2016

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Menjelaskan Pengertian Tentang Manusia Sains, Teknologi, dan Seni - cacaraku.com



Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

Menjelaskan Pengertian Tentang Manusia Sains, Teknologi, dan Seni

Ilmu sains adalah ilmu yang dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya) kebenarannyadan dikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran ataukenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai, melaluieksperimen secara teori.

Pendidikan sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sainsmerupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan(ilmu) dengan memahami hakikat makhluk untuk menerangkan hukum-hukum alam.
Teknologimerupakan sarana yang amat penting untuk kehidupan masyarakat di jaman yang modern ini di berbagai bidang untuk mencapai tujuan-tujuan yang praktis yang ditentukan.Teknologi berasal dari kata techne dan logika. Kata Yunani kuno techne berarti senikerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yangmemiliki keterampilan tertentu.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu. Seni adalah “Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dansebagainya), seperti tari, lukis, ukir, dan lain-lain. Maka konsep pendidikan yang memerlukanilmu dan seni adalah proses atau upaya sadar antara manusia dengan sesama secara beradab,dimana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian.
Sains, teknologi dan seni yaitu semua ilmu, sarana dan alat yang berpengaruh besar dalamkehidupan manusia guna mendukung kehidupan yang lebih baik dan jika semua itu telah berjalandengan baik maka kehidupan akan makmur dan kesehatan masyarakat juga lebih baik dantujuan-tujuan yang praktis akan tercapai. Perkembangan teknologi dapat menunjang kemajuan-kemajuan kegiatan ilmiah.





A.   Sains, Teknologi dan Seni
1.     Sains
Menurut Medawar (1984) Sains (dari istilah Science) berasal dari kata: sienz, cience, syence,scyence, scyense, scyens, sciens, scians. Kata dasar yang diambil dari kata scientia yang berartiknowledge (ilmu). Tetapi, tidak semua ilmu itu boleh dianggap sains.
Yang dimaksud ilmu sains adalah ilmu yang dapat diuji (hasil dari pengamatan sesungguhnya) kebenarannya dandikembangkan secara bersistem dengan kaidah-kaidah tertentu berdasarkan kebenaran ataukenyataan semata sehingga pengetahuan yang dipedomani tersebut boleh dipercayai, melaluieksperimen secara teori.
Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, sains adalah ilmu yang teratur (sistematik) yangdapat dibuktikan kebenarannya, berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata (misal: fisika,kimia, biologi).Pendidikan sains menekankan pada pengalaman secara langsung. Sains merupakan satu proses untuk mencari dan menemui sesuatu kebenaran melalui pengetahuan (ilmu) denganmemahami hakikat makhluk untuk menerangkan hukum-hukum alam.
2.   Konsep Teknologi
Istilah teknologi berasal dari kata techne. Kata Yunani kuno techne berarti seni kerajinan. Dari techne kemudian lahirlah perkataan technikos yang berarti seseorang yang memiliki keterampilan tertentu.
Teknologi dianggap sebagai penerapan ilmu pengetahuan, dalam pengertian bahwa penerapan itu menuju pada perbuatan atau perwujudan sesuatu.Tiga macam teknologi yang sering dikemukakan para ahli yaitu:
a.      Teknologi Modern
Jenis teknologi modern ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-          Padat modal
-          Mekanis elektris
-          Menggunakan bahan impor
-          Berdasarkan penelitian mutakir, dan lain-lain.
b.     Teknologi Madya
Jenis teknologi madya ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-          Padat karya
-          Dapat dikerjakan oleh keterampilan setempat
-          Menggunakan alat setempat
-          Berdasarkan alat penelitianc.



c.      Teknologi Tradisional
Teknologi ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-          Bersifat padat karya (banyak menyerap tenaga kerja)
-          Menggunakan keterampilan setempat
-          Menggunakan bahan setempat
-          Berdasarkan kebiasaan atau pengamatan
Secara lebih umum dapat dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu sistem penggunaan berbagai sarana yang tersedia untuk mencapai tujuan-tujuan praktis yang ditentukan.
3.     Seni
Janet Woll mengatakan bahwa seni adalah produk sosial. Sedangkan menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, seni adalah “Keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya), seperti tari, lukis, ukir, dan lain-lain.
Maka konsep pendidikan yang memerlukan ilmu dan seni adalah proses atau upaya sadarantara manusia dengan sesama secara beradab, dimana pihak kesatu secara terarah membimbing perkembangan kemampuan dan kepribadian. Pihak kedua secara manusiawi yaitu orang perorang. Oleh karena itu budi bahasa pun adalah suatu seni.

B.    Makna Sains, Teknologi dan Seni Bagi Manusia
1.     Perkembangan Teknologi
Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan baru antara lain: teknik modern, teknologi hutan, teknologi gedung (metalurgi),teknologi transportasi dan lain-lain. Dengan mengunakan cabang-cabang ilmu pengetahuan baru tersebut, kita dapat memperolehhasil: 
a.      Pengunaan teknik nuklir, orang dapat membuat reaktor nuklir yang dapat menghasilkan zat-zat radio aktif dimana zat ini dapat dimanfaatkan untuk maksud damai. 

b.     Penggunaan teknologi hutan seperti kita ketahui, hutan banyak mempunyai fungsi, kertas,industri kayu lapis atau bahan bangunan berfungsi untuk penyimpanan air, objek wisata dan lain-lain.
Contoh kemudahan yang didapatkan oleh manusia dengan penerapan perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi yaitu :
a.      Dengan teknik modern, dari teknik mengendalikan air sungai, petani mendapatkan kemudahandalam memperoleh air.
b.     Dengan teknik modern dapat dibuat bermacam-macam media pendidikan.
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan :
a.      Tersedianya sarana dan prasarana menunjang kegiatan ilmiah. 
b.     Meningkatkan kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya.
2.     Iptek dan Nilai
Dalam menghadapi iptek masyarakat Indonesia harus memiliki kemampuan untuk beradaptasi.Teknologi mempunyai 2 komponen utama, yaitu:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar